Manfaat Teh Kembang Sepatu (Hibiscus)

Manfaat Teh Kembang Sepatu (Hibiscus)

Teh kembang sepatu terbuat dari bunga dan daun tanaman kembang sepatu. Teh ini memiliki rasa seperti cranberry. Kembang Sepatu adalah obat alternatif yang populer di seluruh wilayah Timur Tengah dantelah menyebar hingga ke negara Barat.

Teh kembang sepatu tidak cuma terasa lezat dan menyegarkan, penelitian telah membuktikan penggunaannya untuk mengobati beberapa kondisi yang berhubungan dengan kesehatan.

Manfaat Kesehatan Teh Kembang Sepatu

Teh kembang sepatu dapat menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang potensial. Beberapa memiliki bukti anekdotal untuk digunakan sebagai obat tradisional, sementara yang lain yang didukung oleh ilmu pengetahuan.

Pengobatan Tradisional

Teh kembang sepatu secara alami bebas kafein. Menurut American Botanical Council, kembang sepatu adalah obat tradisional yang digunakan untuk mengobati berbagai kondisi gangguan kesehatan sejak dulu.

Mesir mengandalkan kembang sepatu untuk membuat teh, yang dikenal sebagai “Karkade”, yang dapat membantu mendinginkan tubuh.

Di Iran, teh kembang sepatu digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Penggunaan alternatif lain kembang sepatu yaitu:

  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Masalah genital
  • Pilek
  • Perangsang nafsu makan
  • Diuretik
  • Pencahar
  • Melancarkan peredaran darah
  • Gugup

Tekanan Darah dan Kolesterol

Penelitian ilmiah manfaat kembang sepatu terhadap tekanan darah dan kolesterol telah meningkat selama beberapa tahun terakhir.

Salah satu studi menunjukkan kadar kolesterol bisa berkurang hingga 14,4 persen setelah satu bulan penggunaan teh kembang sepatu.

Studi lain membandingkan efek dari teh kembang sepatu terhadap teh hitam pada penderita diabetes. Peserta studi yang mengonsumsi setara dengan dua cangkir teh kembang sepatu setiap hari, mengalami penurunan LDL (kolesterol jahat) dan tingkat kolesterol total secara signifikan.

Studi ketiga menunjukkan pada penderita diabetes tipe 2 dengan tekanan darah tinggi ringan menunjukkan penurunan tekanan darah dari pra-hipertensi ke tingkat normal. Ini merupakan terobosan potensial yang penting karena banyak penderita diabetes memiliki tekanan darah tinggi.

Berat badan

Sebuah studi pada tahun 2014, menemukan teh kembang sepatu dapat membantu mencegah obesitas dan akumulasi lemak di perut. Peserta penelitian diberikan teh kembang sepatu setiap hari selama dua belas minggu.

Kelompok yang menerima teh kembang sepatu dapat berkurang berat badannya, lemak tubuh berkurang, dan juga rasio pinggang-pinggul mencil. Perubahan fisik ini meningkat menyebabkan tubuh menjadi lebih sehat.

Kanker

Meskipun banyak studi lebih lanjut diperlukan, kembang sepatu menunjukkan potensi dalam mengobati beberapa jenis kanker. Hal ini mungkin karena sifat antioksidan dan antitumor.

Sebuah studi menunjukkan kembang sepatu dapat menyebabkan kematian sel kanker di lambung manusia. Sebuah studi terpisah menemukan anthocyanin di kembang sepatu dapat menyebabkan kematian sel pada sel leukemia manusia.

Hasilnya menggembirakan bahwa anthocyanin kembang sepatu dapat digunakan untuk membantu mencegah kanker atau memperlambat perkembangannya.

Perhatian

Bagi kebanyakan orang, teh kembang sepatu umumnya dianggap aman. Namun, Anda harus selalu mengamati efesamping yang dapat ditimbulkan oleh obat herbal. Bicara dan konsultasikan dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan obat herbal secara teratur.

Pengobatan yang Indah

Lain kali jika Anda melihat tanaman kembang sepatu, petiklah bunganya dan menaruhnya di belakang telinga Anda serta dalam cangkir teh Anda. Setidaknya, teh kembang sepatu adalah minuman menyegarkan yang dapat membantu menjaga Anda terhidrasi.

Minum beberapa cangkir sehari juga dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan berat badan dengan risiko yang lebih sedikit efek samping dibandingkan penggunaan obat sintetik.